Skripsi: Faktor-faktor yang Mempengaruhi Daya Serap Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Menggambar Bangunan Gedung
Skripsi tentang Faktor-faktor yang Mempengaruhi Daya Serap Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Menggambar Bangunan Gedung merupakan skripsi pendidikan untuk jenjang SMK. Bagi mahasiswa yang konsentrasi kuliah pada bidang ini, contoh skripsi ini bisa menjadi referensi dalam menyelesaikan tugas akhir.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi daya serap belajar siswa dalam mata pelajaran Menggambar Bangunan Gedung pada jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Seyegan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas XI TGB yang berjumlah 67 siswa yang merupakan populasi sekaligus sampel penelitian ini. Variabel yang digunakan dibagi menjadi (1) variabel terikat yaitu variabel daya serap belajar dan (2) variabel bebas, yaitu variabel faktor internal siswa dan faktor eksternal siswa. Masing-masing variabel bebas dibagi menjadi beberapa sub variabel. Adapun metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah angket. Hasil dari instrumen yang diperoleh kemudian diuji validasi dan reliabilitas, selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis diskriptif dengan program komputer SPSS 16.0 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal siswa berpengaruh sebesar 55,25% dan faktor eksternal siswa berpengaruh sebesar 44,75%. Lebih diperdalam lagi faktor-faktor dari internal siswa meliputi faktor fisiologis memiliki pengaruh terhadap daya serap belajar siswa sebesar 16,96%; faktor motivasi sebesar 14,24%; dan faktor keaktifan siswa sebesar 24,05%. Sedangkan untuk faktor-faktor eksternal siswa meliputi faktor kondisi lingkungan belajar memiliki pengaruh terhadap daya serap belajar siswa sebesar 15,13%; faktor media pembelajaran sebesar 14,08%; dan faktor metode pembelajaran sebesar 15,53%. Dapat disimpulkan bahwa faktor keaktifan siswa dari faktor internal siswa dan faktor metode pembelajaran dari faktor eksternal siswa merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap daya serap belajar siswa dalam mata pelajaran Menggambar Bangunan Gedung di SMK N 1 Seyegan.
Kata kunci: daya serap belajar, siswa SMK, mata pelajaran Menggambar Bangunan Gedung
DOWNLOAD
Berikut ini link download filenya, semoga bermanfaat dan digunakan dengan bijak (Download di sini)
Silahkan download skripsi ini, namun sebelum digunakan silahkan extrak terlebih dahulu menggunakan winrara, setelah itu silahkan gunakan dengan bijak.
Demikianlah postingan kali ini tentang Skripsi: Faktor-faktor yang Mempengaruhi Daya Serap Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Menggambar Bangunan Gedung, semoga bermanfaat.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi daya serap belajar siswa dalam mata pelajaran Menggambar Bangunan Gedung pada jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Seyegan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas XI TGB yang berjumlah 67 siswa yang merupakan populasi sekaligus sampel penelitian ini. Variabel yang digunakan dibagi menjadi (1) variabel terikat yaitu variabel daya serap belajar dan (2) variabel bebas, yaitu variabel faktor internal siswa dan faktor eksternal siswa. Masing-masing variabel bebas dibagi menjadi beberapa sub variabel. Adapun metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah angket. Hasil dari instrumen yang diperoleh kemudian diuji validasi dan reliabilitas, selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis diskriptif dengan program komputer SPSS 16.0 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal siswa berpengaruh sebesar 55,25% dan faktor eksternal siswa berpengaruh sebesar 44,75%. Lebih diperdalam lagi faktor-faktor dari internal siswa meliputi faktor fisiologis memiliki pengaruh terhadap daya serap belajar siswa sebesar 16,96%; faktor motivasi sebesar 14,24%; dan faktor keaktifan siswa sebesar 24,05%. Sedangkan untuk faktor-faktor eksternal siswa meliputi faktor kondisi lingkungan belajar memiliki pengaruh terhadap daya serap belajar siswa sebesar 15,13%; faktor media pembelajaran sebesar 14,08%; dan faktor metode pembelajaran sebesar 15,53%. Dapat disimpulkan bahwa faktor keaktifan siswa dari faktor internal siswa dan faktor metode pembelajaran dari faktor eksternal siswa merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap daya serap belajar siswa dalam mata pelajaran Menggambar Bangunan Gedung di SMK N 1 Seyegan.
Kata kunci: daya serap belajar, siswa SMK, mata pelajaran Menggambar Bangunan Gedung
DOWNLOAD
Berikut ini link download filenya, semoga bermanfaat dan digunakan dengan bijak (Download di sini)
Silahkan download skripsi ini, namun sebelum digunakan silahkan extrak terlebih dahulu menggunakan winrara, setelah itu silahkan gunakan dengan bijak.
Demikianlah postingan kali ini tentang Skripsi: Faktor-faktor yang Mempengaruhi Daya Serap Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Menggambar Bangunan Gedung, semoga bermanfaat.
Posting Komentar untuk "Skripsi: Faktor-faktor yang Mempengaruhi Daya Serap Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Menggambar Bangunan Gedung"