Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Hosting Unlimited Indonesia

Makalah Gagasan Dasar dan Pemikiran Pendidikan Multikultural

Makalah Gagasan Dasar dan Pemikiran Pendidikan Multikultural
Makalah Gagasan Dasar dan Pemikiran Pendidikan Multikultural. Multikuturalisme secara sederhana berarti banyak budaya, sedang pendidikan multikulturalisme adalah pendidikan yang mengedepankan nilai karakter pserta didik yang dapat menghargai keragaman yang ada di lembaga pendidikan. Untuk itu kali ini saya akan membagikan makalah gagasan dasar dan pemikiran pendidikan multikultural kepada pembaca sekalian sebagai referensi dalam menyusun karya ilmiah selanjutnya.

Sistematika Penulisan


BAB I PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penulisan

BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Pendidikan Multikultural
B. Paradigma Pendidikan Multikultural
C. Gagasan Dasar Pendidikan Multikultural
D. Tujuan Pendidikan Multikultural
E. Fungsi Pendidikan Multikultural

BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran

Kesimpulan Pembahasan


Dari pembahasan makalah di atas penulis dapat menyimpulkan sebagai beriktu:

Pendidikan multikultural masih diartikan sangat beragam, apakah pendidikan ini berkonotasi tentang pendidikan tentang keragaman budaya, atau pendidikan untuk membentuk sikap menghormati keragaman budaya. Secara etimologis pendidikan multikultural terdiri dari dua term, yaitu pendidikan dan multikultural. Sedangkan dari sisi terminologis, pendidikan multikultural merupakan proses pengembangan seluruh potensi manusia yang menghargai pluralitas dan heterogenitasnya sebagai konsekuensi keragaman budaya, etnis, suku, dan aliran (agama)

Dalam menghadapi pluralisme budaya tersebut diperlukan paradigma baru yang lebih toleran, yaitu paradigma pendidikan multikultural. Pendidikan berparadigma multikulturalisme tersebut penting, sebab akan mengarahkan anak didik untuk bersikap dan berpandangan toleran dan inklusif terhadap relitas masyarakat yang beragam, baik dalam hal budaya, suku, ras, etnis, maupun agama. Paradigma ini dimaksudkan bahwa kita hendaknya apresiatif terhadap budaya orang lain, perbedaan dan keberagaman merupakan kekayaan dan khazanah bangsa kita. Dengan pandangan tersebut, di harapkan sikap eksklusif yang selama ini bersemayam dalam otak kita dan sikap membenarkan pandangan sendiri (truth claim) dengan menyalahkan pandangan orang lain dapat dihilangkan atau di minimalisir.

Gagasan pendidikan multikultural di Indonesia adalah pendidikan untuk meningkatkan penghargaan terhadap keragaman etnik dan budaya masyarakat. Pendidikan multikultural dipersepsikannya sebagai jembatan untuk mencapai kehidupan bersama dari umat manusia dalam era globalisasi yang penuh dengan tantangan-tantangan baru.

Tujuan pendidikan multikultural ada dua, yakni tujuan awal dan tujuan akhir. Tujuan awal merupakan tujuan sementara karena tujuan ini hanya berfungsi sebagai perantara agar tujuan akhirnya tercapai dengan baik. Sedangkan tujuan akhir pendidikan multikultural adalah peserta didik tidak hanya mampu memahami dan menguasai materi pelajaran yang dipelajarinya akan tetapi diharapkan juga bahwa para peserta didik akan mempunyai karakter yang kuat untuk selalu bersikap demokratis, pluralis dan humanis. Karena tiga hal tersebut adalah ruh pendidikan multicultural.

Fungsi pendidikan multicultural adalah Melalui pendidikan multikulturalisme ini diharapkan akan dicapai suatu kehidupan masyarakat yang damai, harmonis, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan sebagaimana yang telah diamantkan dalam Undang-Undang Dasar.

Dapatkan


Berikut ini link download filenya, semoga bermanfaat dan digunakan dengan bijak (Download di sini)

File sudah dalam bentuk docx, silahkan download kemudian gunakan dengan bijak sesuai dengan ketentuan penulisan karya ilmiah.

Demikianlah postingan kali ini tentang Makalah Gagasan Dasar dan Pemikiran Pendidikan Multikultural, semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Makalah Gagasan Dasar dan Pemikiran Pendidikan Multikultural"

PHP Dev Cloud Hosting
Hosting Unlimited Indonesia