Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Hosting Unlimited Indonesia

Makalah Sistem Informasi Dalam Manajemen Pendidikan

Makalah Sistem Informasi Dalam Manajemen Pendidikan
Makalah Sistem Informasi Dalam Manajemen Pendidikan. Sistem informasi menjadi bagian terpenting dalam manajemen pendidikan. Kalau tidak ada sistem informasi yang baik, maka pendidikan akan berjalan mengalami hambatan. Olehnya itu saya akan membagikan makalah sistem informasi dalam manajemen pendidikan sebagai refernsi dalam menyusun karya ilmiah selanjutnya.

Sistematika Penulisan


BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Masalah

BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Sistem Informasi Manajemen Pendidikan
B. Peran Sistem Informasi Manajemen dalam Pengambilan Keputusan Bidang Pendidikan
C. Tujuan dari Sistem Informasi Manajemen Pendidikan
D. Konsep Dasar Sistem Informasi Manajemen Pendidikan
E. Pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen dalam Lembaga Pendidikan Islam

BAB III PENUTUP
Kesimpulan
Saran

Kesimpulan Pembahasan


Sistem berasal dari bahasa latin systema atau bahasa Yunani “sustema” yang berarti suatu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi, atau energi. Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan, yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak.

Sistem informasi menurut Alter (1992), adalah kombinasi antar prosedur kerja, informasi, orang dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi. komponen-komponen yang membentuk sistem informasi yang saling berinteraksi. Informasi yang dimaksudkan berupa data terformat, teks, gambar, suara dan video.

Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen (perencanaan, penggerakan, pengorganisasian, dan pengendalian).

Sistem Informasi Manajemen Pendidikan adalah sistem, yang terdiri dari sekelompok orang dan perangkat pengolah data, yang memantau dan mengambil kembali data dari lingkungan. Yang memperoleh data dari transaksi dan operasi dalam organisasi, menyaring, mengatur, dan memilih data, serta menyajikannya sebagai informasi kepada para pemangku kepentingan pendidikan/sekolah, terutama bagi para manajer pendidikan pada semua level dan fungsi organisasi, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam menjalankan fungsi-fungsi manajemen, untuk mendukung komunikasi, dan untuk mendukung kegiatan operasional, termasuk di dalamnya kegiatan instruksional.

Keputusan adalah sebuah rangkaian tindakan yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah. Informasi hanya berguna apabila informasi tersebut dapat digunakan sebagai bahan untuk mempermudah pengambilan keputusan. Oleh karena itu, ditinjau dari segi waktu, efektifitas pengambilan keputusan sangat tergantung atas cepat tidaknya informasi yang diperlukan dapat diambil dari tempat penyimpanannya. Karena itu seorang yang bertanggunga jawab atas penyimpanan informasi harus mengetahui informasi apa saja yang dibutuhkan, oleh siapa, dan untuk maksud apa.

Tujuan dari Sistem Informasi Manajemen dalam Pendidikan antara lain:

  1. Membantu seluruh bagian yang berperan di dunia pendidikan dengan memberikan informasi yang menyeluruh tentang pendidikan dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah umum.
  2. Memberikan sarana agar seluruh bagian yang berperan dalam dunia pendidikan yang ada di propinsi/kota kabupaten agar dapat berperan aktif dalam usaha memajukan usaha pendidikan

Dapatkan


Berikut ini link download filenya, semoga bermanfaat dan digunakan dengan bijak (Download di sini)

File sudah dalam bentuk docx silahkan gunakan dengan bijak sesuai dengan ketentuan penulisan karya ilmiah.

Demikianlah postingan kali ini tentang Makalah Sistem Informasi Dalam Manajemen Pendidikan, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Makalah Sistem Informasi Dalam Manajemen Pendidikan"

PHP Dev Cloud Hosting
Hosting Unlimited Indonesia