Skripsi: Pengaruh Penggunaan Metode Hafalan Dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di MAN Tual
Skripsi dengan judul penggunaan metode hafalan di atas merupakan skripsi untuk mahasiswa akhir pada fakultas tarbiyah dan ilmu pendidikan. Silahkan didownload untuk dijadikan sebagai referensi dalam menyusun tugas akhir.
ABSTRAK
Metode hafalan merupakan salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dari segi kognitifnya dalam realita, metode hafalan merupakan salah satu metode tradisonal yang digunakan dalam pemebelajaran bahasa Arab di MAN Tual, dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dari segi kognitifnya dalam penguasaan mufrodat (kosa kata). Namun permasalahannya adalah apakah metode tradisional ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MAN Tual. Adapun Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah apakah pengaruh penggunaan metode hafalan dalam mata pelajaran bahasa Arab terhadap hasil belajar siswa di MAN Tual? Berapa besar pengaruh penggunaan metode hafalan dalam mata pelajaran bahasa Arab terhadap hasil belajar siswa di MAN Tual? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan mengolah dan menganalisa data untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan metode hafalan dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap hasil belajar siswa MAN Tual, dan untuk mengetahui berapa besar pengaruh penggunaan metode hafalan dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap hasil belajar siswa MAN Tual. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajar.
Tipe penelitian Deskripsi Kuantitatif. Teknik pengambilan sampling adalah random sampling Sebesar 50 %. Sehingga sampel berjumlah 26 responden yang teridiri dari satu orang guru dan dua puluh lima orang siswa.Teknik pengumpulan data yaitu observasi,wawancara,angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan rumus distribusi frekuensi presentasi untuk menghitung angket, rumus product moment untuk menguji hipotesis, dan rumus koefisien Determinasi untuk mengetahui kontribusi kedua variabel X dan Y. Selanjutnya hasil penelitian disimpulkan dalam bentuk analisis interpretasi data.
Setelah mengadakan penelitian dan menganalisis data, Penulis memperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel X dan variabel Y yang berada pada rata-rata tinggi atau sangat baik. Dan Hasil interpretasi data dari “rxy” baik pada taraf signifikansi 5 % maupun 1 % yaitu (0,547˃0,396/0,505). Maka antara varaiabel X dan variabel Y terdapat korelasi yang sedang atau cukupan. Adapun besar pengaruh penggunaan metode hafalan dalam mata pelajaran bahasa Arab terhadap hasil belajar siswa sebesar 30 %, sedangkan 70 % lainnya dipengaruhi oleh faktor lain, di luar penggunaan metode hafalan.
DOWNLOAD
Berikut ini link download filenya, semoga bermanfaat dan digunakan dengan bijak (Download di sini)
File dalam bentuk office word (docx) silahkan download dan extrak terlebih kemudian gunakan dengan bijak.
Demikianlah postingan ini tentang Skripsi: Pengaruh Penggunaan Metode Hafalan Dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di MAN Tual, semoga bermanfaat.
ABSTRAK
Metode hafalan merupakan salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dari segi kognitifnya dalam realita, metode hafalan merupakan salah satu metode tradisonal yang digunakan dalam pemebelajaran bahasa Arab di MAN Tual, dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dari segi kognitifnya dalam penguasaan mufrodat (kosa kata). Namun permasalahannya adalah apakah metode tradisional ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MAN Tual. Adapun Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah apakah pengaruh penggunaan metode hafalan dalam mata pelajaran bahasa Arab terhadap hasil belajar siswa di MAN Tual? Berapa besar pengaruh penggunaan metode hafalan dalam mata pelajaran bahasa Arab terhadap hasil belajar siswa di MAN Tual? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan mengolah dan menganalisa data untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan metode hafalan dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap hasil belajar siswa MAN Tual, dan untuk mengetahui berapa besar pengaruh penggunaan metode hafalan dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap hasil belajar siswa MAN Tual. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajar.
Tipe penelitian Deskripsi Kuantitatif. Teknik pengambilan sampling adalah random sampling Sebesar 50 %. Sehingga sampel berjumlah 26 responden yang teridiri dari satu orang guru dan dua puluh lima orang siswa.Teknik pengumpulan data yaitu observasi,wawancara,angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan rumus distribusi frekuensi presentasi untuk menghitung angket, rumus product moment untuk menguji hipotesis, dan rumus koefisien Determinasi untuk mengetahui kontribusi kedua variabel X dan Y. Selanjutnya hasil penelitian disimpulkan dalam bentuk analisis interpretasi data.
Setelah mengadakan penelitian dan menganalisis data, Penulis memperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel X dan variabel Y yang berada pada rata-rata tinggi atau sangat baik. Dan Hasil interpretasi data dari “rxy” baik pada taraf signifikansi 5 % maupun 1 % yaitu (0,547˃0,396/0,505). Maka antara varaiabel X dan variabel Y terdapat korelasi yang sedang atau cukupan. Adapun besar pengaruh penggunaan metode hafalan dalam mata pelajaran bahasa Arab terhadap hasil belajar siswa sebesar 30 %, sedangkan 70 % lainnya dipengaruhi oleh faktor lain, di luar penggunaan metode hafalan.
DOWNLOAD
Berikut ini link download filenya, semoga bermanfaat dan digunakan dengan bijak (Download di sini)
File dalam bentuk office word (docx) silahkan download dan extrak terlebih kemudian gunakan dengan bijak.
Demikianlah postingan ini tentang Skripsi: Pengaruh Penggunaan Metode Hafalan Dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di MAN Tual, semoga bermanfaat.
Posting Komentar untuk "Skripsi: Pengaruh Penggunaan Metode Hafalan Dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di MAN Tual"