Skripsi: Implementasi Pembelajaran Akhlak Pada Siswa Kelas IX SMP PGRI 12 Pondok Labu
Skripsi dengan judul Implementasi Pembelajaran Akhlak Pada Siswa Kelas IX SMP PGRI 12 Pondok Labu, merupakan skripsi untuk mahasiswa fakultas tarbiyah pada perguruan tinggi Islam. Bagi kamu yang membutuhkan referensi dalam menyelesaikan tugas akhir yang pembahasannya sama dengan skripsi ini, silahkan download dan jadikan sebagai referensi.
ABSTRAKSI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jawaban bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam(akhlak) di SMP PGRI 12 Pondok Labu. Penelitian ini dilaksanakan di SMP PGRI 12 Pondok Labu.
Penelitian ini memakai Metode deskriptif analisis yang menggunakan instrument kuesioner dan wawancara. Dari penelitian yang telah dilakukan kepada sejumlah siswa yang menjadi sampel, penulis melakukan analisis data yang merupakan bagian penting dalam metode ilmiah untuk menjawab masalah
penelitain ini.
Pembelajaran akhlak pada kelas IX SMP PGRI 12 Pondok Labu dalam pelaksanaan dan hasil terhadap anak didik di SMP tersebut, antara materi yang disampaikan atau norma dengan sikap atau perilaku anak didik cukup sesuai dari hasil penelitian di SMP tersebut. Dari 30 siswa yang menjawab pertanyaanpertanyaan berjumlah 14 item dengan jawaban (kadang-kadang) berjumlah 8, jawaban (ya) berjumlah 4 dan jawaban (tidak) berjumlah 2, maka cukup sesuai dengan alokasi waktu yang sangat singkat hanya 2 jam/ kelas mayoritas siswa menjawab kadang-kadang.
Untuk mempertahankan dan meningkatkan akhlak dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (akhlak) supaya tujuan inti di dalam proses pembelajaran siswa-siswi bisa tercapai dengan baik maka penulis menyarankan kepada pihak sekolah untuk menjadikan akhlak sebagai orientasi utama dan pertama didalam penilaian dengan diimbangi oleh kapasitas intelektual anak didik, disarankan pula untuk para guru menjadi suri tauladan bagi siswa-siswinya agar akhlak anak didik setiap hari semakin baik dalam kehidupan sehari-harinya di sekolah khususnya, umumnya di luar sekolah.
SISTEMATIKA PENYUSUNAN
Sistematika penyusunan dalam penelitian ini dibagi dalam lima (5) bab, setiap bab dirinci ke dalam sub bab sebagai berikut:
Bab I : Pendahuluan, pada bab ini akan diuraikan mengenai latar belakang masalah, pembahasan dan perumusan masalah, tujuan penulisan dan kegunaan penelitian, metodologi penelitian dan sistematik penyusunan.
Bab II : Landasan Teori, pada bab ini akan diuraikan mengenai pengertian pendidikan agama Islam, dasar dan tujuan pendidikan agama Islam, pengertian akhlak, pembentukan akhlak, pembinaan akhlak, faktorfaktor yang mempengaruhi pembinaan akhlak.
Bab III : Metodologi penelitian, pada bab ini akan diuraikan mengenai pendekatan penelitian, populasi dan sample penelitian, waktu dan tempat penelitian, pengumpulan data yang mencakup angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Bab IV : Hasil penelitian Pelaksanaan pembelajaran akhlak di SMP PGRI 12 Jakarta pada bab ini diuraikan mengenai pembelajaran akhlak, kurikulum, materi, keteladanan, kendala-kendala, gambaran umum SMP PGRI 12 dan deskripsi data, analisis dan interpretasi data.
Bab V : Penutup, pada bab ini akan diuraikan mengenai kesimpulan dan saran
KESIMPULAN
Berdasarkan penjelasan-penjelasan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa:
Implementasi pembelajaran akhlak pada siswa kelas IX SMP PGRI 12 Pondok Labu cukup baik karena materi yang di sampaikan atau norma dengan sikap atau perilaku anak didik cukup sesuai dengan hasil penelitian di SMP tersebut.
Dari 30 siswa yang menjawab pertanyaan-pertanyaan berjumlah 14 item dengan jawaban (kadang-kadang) berjumlah 8, jawaban (ya) berjumlah 4 dan jawaban (tidak) berjumlah 2, maka cukup sesuai dengan alokasi waktu yang sangat singkat hanya 2 jam/ kelas mayoritas siswa menjawab kadangkadang.
Jadi akhlak sebagai orientasi utama dan pertama didalam penilaian dengan diimbangi oleh kapasitas intelektual anak didik di sekolah SMP PGRI 12 cukup seimbang.
ABSTRAKSI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jawaban bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam(akhlak) di SMP PGRI 12 Pondok Labu. Penelitian ini dilaksanakan di SMP PGRI 12 Pondok Labu.
Penelitian ini memakai Metode deskriptif analisis yang menggunakan instrument kuesioner dan wawancara. Dari penelitian yang telah dilakukan kepada sejumlah siswa yang menjadi sampel, penulis melakukan analisis data yang merupakan bagian penting dalam metode ilmiah untuk menjawab masalah
penelitain ini.
Pembelajaran akhlak pada kelas IX SMP PGRI 12 Pondok Labu dalam pelaksanaan dan hasil terhadap anak didik di SMP tersebut, antara materi yang disampaikan atau norma dengan sikap atau perilaku anak didik cukup sesuai dari hasil penelitian di SMP tersebut. Dari 30 siswa yang menjawab pertanyaanpertanyaan berjumlah 14 item dengan jawaban (kadang-kadang) berjumlah 8, jawaban (ya) berjumlah 4 dan jawaban (tidak) berjumlah 2, maka cukup sesuai dengan alokasi waktu yang sangat singkat hanya 2 jam/ kelas mayoritas siswa menjawab kadang-kadang.
Untuk mempertahankan dan meningkatkan akhlak dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (akhlak) supaya tujuan inti di dalam proses pembelajaran siswa-siswi bisa tercapai dengan baik maka penulis menyarankan kepada pihak sekolah untuk menjadikan akhlak sebagai orientasi utama dan pertama didalam penilaian dengan diimbangi oleh kapasitas intelektual anak didik, disarankan pula untuk para guru menjadi suri tauladan bagi siswa-siswinya agar akhlak anak didik setiap hari semakin baik dalam kehidupan sehari-harinya di sekolah khususnya, umumnya di luar sekolah.
SISTEMATIKA PENYUSUNAN
Sistematika penyusunan dalam penelitian ini dibagi dalam lima (5) bab, setiap bab dirinci ke dalam sub bab sebagai berikut:
Bab I : Pendahuluan, pada bab ini akan diuraikan mengenai latar belakang masalah, pembahasan dan perumusan masalah, tujuan penulisan dan kegunaan penelitian, metodologi penelitian dan sistematik penyusunan.
Bab II : Landasan Teori, pada bab ini akan diuraikan mengenai pengertian pendidikan agama Islam, dasar dan tujuan pendidikan agama Islam, pengertian akhlak, pembentukan akhlak, pembinaan akhlak, faktorfaktor yang mempengaruhi pembinaan akhlak.
Bab III : Metodologi penelitian, pada bab ini akan diuraikan mengenai pendekatan penelitian, populasi dan sample penelitian, waktu dan tempat penelitian, pengumpulan data yang mencakup angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Bab IV : Hasil penelitian Pelaksanaan pembelajaran akhlak di SMP PGRI 12 Jakarta pada bab ini diuraikan mengenai pembelajaran akhlak, kurikulum, materi, keteladanan, kendala-kendala, gambaran umum SMP PGRI 12 dan deskripsi data, analisis dan interpretasi data.
Bab V : Penutup, pada bab ini akan diuraikan mengenai kesimpulan dan saran
DOWNLOAD
File dalam bentuk pdf dan docx, silahkan download dan extrak terlebih dahulu kemudian gunakan dengan bijak.
KESIMPULAN
Berdasarkan penjelasan-penjelasan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa:
Implementasi pembelajaran akhlak pada siswa kelas IX SMP PGRI 12 Pondok Labu cukup baik karena materi yang di sampaikan atau norma dengan sikap atau perilaku anak didik cukup sesuai dengan hasil penelitian di SMP tersebut.
Dari 30 siswa yang menjawab pertanyaan-pertanyaan berjumlah 14 item dengan jawaban (kadang-kadang) berjumlah 8, jawaban (ya) berjumlah 4 dan jawaban (tidak) berjumlah 2, maka cukup sesuai dengan alokasi waktu yang sangat singkat hanya 2 jam/ kelas mayoritas siswa menjawab kadangkadang.
Jadi akhlak sebagai orientasi utama dan pertama didalam penilaian dengan diimbangi oleh kapasitas intelektual anak didik di sekolah SMP PGRI 12 cukup seimbang.
Posting Komentar untuk "Skripsi: Implementasi Pembelajaran Akhlak Pada Siswa Kelas IX SMP PGRI 12 Pondok Labu"